Sesuai apa yang telah saya janjikan sebelumnya, berikut ini jawaban soal ujian akhir semester matakuliah Meteorologi Enjinering oleh salah seorang mahasiswa saya. Silahkan memberi nilai.
1. Peran
petugas/ahli meteorology dalam dunia penerbangan, adalah:
-
Melaporkan cuaca terkini di tempat yang
akan dituju oleh pesawat;
-
Mengukur berbagai parameter meteorology seperti
hujan, angin, visibilitas, perawanan, tekanan dan menyampaikannya ke pilot atau
ke bandara-bandara lain yang memiliki koneksi untuk arus bolak balik pesawat
dari dan ke tujuan tempat tersebut (pengukuran langsung/ observasi)
-
Melaporkan cuaca per satu jam untuk data
dan prediksi di tempat tersebut dengan tepat;
-
Membuat data dan peta sinoptik di
bandara tersebut guna untuk arsip data dan evaluasi kejadian-kejadian yang
terjadi yang bisa digunakan untuk prediksi cuaca atau kejadian selanjutnya;
-
Menjaga dan mengawasi alat-alat yang
digunakan untuk observasi agar tetap layak untuk digunakan.
2. Hal-hal
yang harus disampaikan kepada pilot pesawat untuk menerbangkan adalah:
-
Visibilitas. Ketika visibilitas rendah
maka pilot tidak boleh menerbangkan pesawat. Minimal visibilitas adalah kurang
lebih 2 km. Visibilitas berguna agar jarak pilot saat landing/take off dapat
melihat dengan jelas daerah sekitar.
-
Informasi cuaca yang meliputi (tekanan, temperature,
hujan asam) yang terjadi di daerah tempat yang akan dituju;
-
Informasi perawanan di sekitar bandara
yang akan dituju, dimana jika tidak diberikan informasi maka pilot tidak tahu
dimana tempat awan cumulonimbus yang mengandung petir. Jika tidak diberitahu,
maka pesawat akan mengalami turbulensi di sekitar awan, dan akan jatuh.
-
Kondisi landasan bandara, apakah
licin/tidak agar pesawat dapat berjalan dengan baik;
-
Jika kondisi cuaca di tempat yang dituju
buruk, sebaiknya penerbangan ditunda;
-
Selain itu pilotjuga harus mengetahui
informasi pesawat yang sedang berada di jalur yang sama dengan pesawat agar
tidak terjadi tabrakan;
-
Pilot juga harus mengetahui jumlah
penumpang agar dapat mengestimasi berat pesawat dengan kondisi kecepatan.
3. Yang
perlu diperbaiki dalam layanan informasi cuaca di bandara, adalah:
-
Alat-alat yang digunakan sebaiknya alat
yang up to date (terkini), semakin canggih alatnya, maka akan semakin bagus
laporan cuaca yang dihasilkan;
-
Alat yang adapun sebaiknya dikalibrasi
dengan baik agar data yang terukur tidak salah dan teliti;
-
Kelengkapan alat meteorology juga perlu
seperti radar. Saat berkunjung ke bandara kemarin, tidak terlihat adanya radar.
Padahal radar penting untuk melakukan observasi;
-
Perlu adanya pengetahuan baru yang
didapatkan oleh para pengamat cuaca di bandara, agar semakin mengerti tentang
cuaca, maupun kondisi yang sedang terjadi;
-
Kemudian pengiriman data ke tower juga
harusnya lebih tepat, jangan terlambat agar informasi cuaca yang didapat pilot
sebelum terbang atau saat terbang tersampaikan dengan baik;
-
Pengamatan juga harusnya dilakukan
dengan teliti, tidak asal-asalan, dan sesuai kaedah yang berlaku;
-
Hasil data juga sebaiknya dikirim ke
BMKG/Pusat penerima informasi agar dapat diarsipkan, dan dapat dilihat kondisi
cuaca yang terjadi;
-
Segala data yang diperoleh diarsipkan
dengan baik.
4. Jika
terjadi kecelakaan pesawat yang mesti dilakukan adalah:
-
Memeriksa kondisi pesawat, kerusakan
yang terjadi, serta mengetahui bagaimana kondisi saat sebelum take off. Hal ini
ditanyakan kepada ahli mesin yang berada di bandara;
-
Mengumpulkan informasi dari para saksi.
Baik itu saksi yang ada di sekitar bandara, maupun saksi yang berada di dalam
pesawat (jika masih ada yang selamat) tentang apa yang terjadi di dalam
pesawat;
-
Memeriksa kelayakan mesin pesawat,
apakah layak digunakan/tidak;
-
Mengetahui/mencari informasi tentang
kondisi cuaca saat itu. Apakah cerah/terjadi hujan, cuaca ekstrim dsb yang bisa
membahayakan jika dilakukan penerbangan, hal ini ditanyakan kepada ahli meteorology
di bandara;
-
Memeriksa kesehatan dari pilot pesawat. Apakah
dalam keadaan sehat, mabuk, atau apakah dalam kondisi layak menerbangkan
pesawat/tidak, jika pilot masih selamat;
-
Menanyakan kepada petugas meteorology sejauh
mana informasi cuaca disampaikan kepada pilot;
-
Menanyakan kepada saksi di sekitar
bandara, bagaimana pesawat jatuh/kejadian terjadi;
-
Menanyakan kepada petugas di bandara
apakah kondisi landasan bagus/layak atau tidak untuk pesawat landing (jika
kecelakaan pesawat terjadi di luar bandara);
-
Menanyakan kepada petugas meteorology apakah
sudah dilakukan peringatan/belum jika di sana terjadi cuaca ekstrim dan
seharusnya pesawat tidak boleh landing/terbang.
No comments:
Post a Comment