Friday, June 26, 2020

Longsor di Palopo Sulawesi Selatan

Kejadian longsor di Palopo yang menyebabkan terputusnya jalan Palopo - Toraja dan beberapa rumah terbawa longsor menjadi berita hangat hari ini. Dalam berbagai video amatir yang tersebar di media massa terlihat bagaimana longsor tersebut terjadi. Bukan hal aneh mengingat saat ini hujan masih terjadi yang menyebabkan pori-pori tanah terisi air dan ikatan antar struktur tanah menjadi relatif lemah sehingga mudah untuk longsor. Longsor terjadi di wilayah dengan kemiringan tertentu, semakin miring maka semakin mudah untuk terjadi longsor. Adanya tanaman pada suatu bukit memang akan mengurangi terjadinya longsor sampai kedalaman tertentu namun bila ikatan tanah yang lemah lebih dalam lagi maka tetap saja longsor bisa terjadi. Tanaman-tanaman berakar tunjang akan memungkinkan mengikat tanah dengan lebih baik dibanding tanaman berakar serabut. Pohon-pohon yang tinggi umumnya mempunyai perakaran tunjang untuk menancapkan bagian tubuh tanaman ke tanah.
Kalau melihat informasi dari BMKG yang diupdate tanggal 20 Juni 2020 yang lalu, sebagian wilayah Sulawesi Selatan masih banyak hujan. Hampir tiada hari tanpa hujan seperti yang terlihat pada peta di bawah ini yang ditunjukkan oleh noktah hijau.
Kalau dilihat dari distribusi perawanan yang terjadi pada beberapa hari ini memang tampak bahwa perawanan hujan masih banyak berada di Sulawesi, termasuk Sulawesi Selatan. Tidak mengherankan mengingat pola angin yang membawa uap air masih terdapat di wilayah Sulawesi Selatan. Matahari yang mulai meninggalkan 23,5o lintang utara menuju ke Selatan mempunyai pengaruh pada angin tenggara ini. Semoga kejadian longsor semacam ini tidak terjadi lagi di waktu mendatang. Yang penting juga agar jalan darat poros Palopo - Toraja bisa terhubung kembali sesegera mungkin.

No comments:

Post a Comment