Pertanyaan semacam itu wajar-wajar saja. Selama ini dikenal bahwa El Nino membawa dampak pada penurunan curah hujan di Indonesia. Perawanan yang terbentuk di wilayah Indonesia akan bergeser ke timur ke arah samudra Pasifik sehingga umumnya Indonesia mengalami kekeringan dan musim hujan yang pendek. Itupun wilayahnya bervariasi. Wilayah tipe monsoonal lebih kuat dipengaruhi oleh kejadian El Nino ini, sedangkan yang mempunyai tipe curah hujan ekuatorial kurang dipengaruhi. Wajar saja bila Bandung pada kondisi El Nino mengalami kekeringan. Tapi kenapa kali ini justru walaupun El Nino menunjukkan intensitas sedang, tetapi Bandung kok hujan terus ... bahkan terjadi banjir di wilayah selatan? Ini dikarenakan kondisi curah hujan di Bandung tidak hanya dipengaruhi oleh El Nino saja. Kita tahu bahwa terdapat 3 sirkulasi atmosfer yang berdampak pada kondisi cuaca dan iklim di Indonesia. Sirkulasi tersebut adalah sirkulasi Walker yang berarah zonal, sirkulasi Hadley yang berarah meridional dan sirkulasi lokal. Dalam arah timur-barat terdapat fenomena seperti El Nino/ La Nina, Dipole Mode, Pacific Decadal Oscillation, Madden-Julian Oscillation, QBO, gelombang Kelvin, gelombang Rossby-gravity dll. Sedangkan dalam arah utara-selatan terdapat fenomena monsoon, seruak dingin,dll. Sirkulasi lokal yang dimaksud adalah seperti angin darat, angin laut, angin lembah, angin gunung, dll. Fenomena-fenomena tersebut dapat dilihat dengan jelas dari analisa sinyal curah hujan. Interaksi yang sangat kompleks dari fenomena-fenomena (masing-masing fenomena tidak berdiri sendiri) itulah yang menyebabkan cuaca (baca: curah hujan) semakin sulit untuk diprediksi. Meskipun telah diketahui sejak lama bahwa El Nino dengan kekuatan sedang membawa dampak kekeringan namun kali ini kekeringan ini tidak terjadi. Barangkali juga akibat pemanasan global, fenomena ini terjadi. Kita belum tahu bagaimana interaksi yang kompleks antara pemanasan global ini dengan ketiga sirkulasi ini. Namun paling tidak, kita telah "ketahui" bagaimana dampak pemanasan global pada cuaca dan iklim dunia berdasar laporan IPCC.
Obyektif, Independen, Sportif, Berpikir Positif, Berjiwa BESAR
Friday, March 12, 2010
Saturday, March 6, 2010
Telah menjadi tuan rumah di negeri sendiri
Mengamati perkembangan musik di tanah air sangatlah membanggakan hati. Tak ada kata-kata yang cukup untuk dapat menggambarkan bahagianya hati ini. Musik Indonesia telah menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hampir tidak dapat dijumpai lagu-lagu barat dalam kancah dunia musik yang disiarkan televisi. Kotak ajaib ini benar-benar mengekspos dunia musik Indonesia dari musik yang dimainkan oleh band-band yang tidak begitu dikenal sampai yang sudah sangat dikenal masyarakat seperti Peterpan, Wali, ST12, Gigi,dll. Apresiasi masyarakat terhadap dunia musik juga luar biasa. Gelora dan hasrat generasi muda untuk mempelajari musik dan dunia tarik suara membumbung tinggi. Sebagian artis dan aktor sinetron dan film ramai-ramai mempelajari dan mengembangkan bakatnya di dunia hingar bingar ini.
Tapi di sisi lain, terselip kesedihan melihat begitu terpuruknya lagu anak-anak. Kita jumpai banyak anak lebih fasih menyanyikan lagu-lagu dewasa yang bertutur tentang percintaan daripada lagu anak-anak seperti waktu era jaya-jayanya Papa T Bob, misalnya. Kita lihat acara lomba anak-anak di stasiun televisi, anak-anak menyanyikan lagu-lagu dewasa tanpa diubah sedikitpun syairnya. Anak-anak "dipaksa" untuk mengerti lebih dini tentang kisah-kisah orang dewasa. Apa jadinya anak-anak kita nanti? Kudengar bahwa tidak berkembangnya industri musik dan lagu anak-anak karena merebaknya dan membudayanya industri bajakan di tanah air. Tampaknya pembajakan ini sangat sulit diberantas karena masyarakat luas sendiri sudah menganggap bahwa bajakan merupakan solusi alternatif yang "wajar" untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang serupa dengan cara yang mudah, murah dan terjangkau.
Tapi di sisi lain, terselip kesedihan melihat begitu terpuruknya lagu anak-anak. Kita jumpai banyak anak lebih fasih menyanyikan lagu-lagu dewasa yang bertutur tentang percintaan daripada lagu anak-anak seperti waktu era jaya-jayanya Papa T Bob, misalnya. Kita lihat acara lomba anak-anak di stasiun televisi, anak-anak menyanyikan lagu-lagu dewasa tanpa diubah sedikitpun syairnya. Anak-anak "dipaksa" untuk mengerti lebih dini tentang kisah-kisah orang dewasa. Apa jadinya anak-anak kita nanti? Kudengar bahwa tidak berkembangnya industri musik dan lagu anak-anak karena merebaknya dan membudayanya industri bajakan di tanah air. Tampaknya pembajakan ini sangat sulit diberantas karena masyarakat luas sendiri sudah menganggap bahwa bajakan merupakan solusi alternatif yang "wajar" untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang serupa dengan cara yang mudah, murah dan terjangkau.
Subscribe to:
Posts (Atom)