Monday, December 7, 2009

Perubahan iklim dan peran lautan

Hari Senin, 7 Desember 2009 dimulai pelaksanaan KTT Perubahan Iklim di Kopenhagen. KTT ini akan diselenggarakan sampai tanggal 18 Desember 2009. Kita harapkan agenda-agenda yang telah disepakati menghasilkan hal-hal yang menggembirakan dunia karena sangat menentukan nasib anak cucu kita ke depan.
Berkaitan dengan pereduksian gas rumah kaca khususnya karbon, selama ini dianggap bahwa lautan dunia mereduksi karbon. Diungkapkan bahwa sebagian wilayah lautan ada yang mengemisikan karbon sedangkan wilayah yang lain menyerap karbon. Ada pula pandangan bahwa lautan merupakan korban dari peningkatan gas-gas rumah kaca. Ini semua patut kita perhitungkan.

Sayangnya penelitian tentang peran lautan Indonesia dalam menyerap karbon belum banyak diungkapkan. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menyatakan bahwa lautan Indonesia merupakan penyerap karbon. Otokritik bagi kita semua:"semua pernyataan seharusnya didukung oleh penelitian yang benar (benar datanya, benar metodanya, benar penganalisaannya, dan benar pengambilan kesimpulannya)". Alangkah indahnya ilmu pengetahuan dan penelitian jika mampu mengungkapkan yang sebenarnya tentang alam semesta ini.

No comments:

Post a Comment